Bitcoin


Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan open source yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi . Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Bitcoin - bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu Bitcoin - bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin. Topologi peer-to-peer bitcoin dan kurangnya administrasi tunggal membuatnya tidak mungkin untuk otoritas, pemerintahan apapun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin - bitcoin atau menyebabkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin. Mata uang bitcoin tidak tercantum sistem perbankan dan tidak terkait dengan pemerintah dan seluruh pertukarannya terekam dalam sebuah distributed ledger yang disebut blockchain.

Cara Kerja Bitcoin

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2009, bitcoin tidak memiliki bentuk fisik atau denominasi fisik. Bitcoin hanya ada sebagai informasi di dalam jaringan komputer yang saling terkoneksi.
Seperti telah diungkapkan sebelumnya, seluruh transaksi bitcoin terekam dalam blockchain sehingga untuk membuat Bitcoin, seseorang harus membuat blok dalam jaringan tersebut.
Setiap blok dibuat secara cryptographic dengan cara mengikat tenaga komputer pengguna yang kemudian ditambahkan ke blockchain, membuat pengguna memperolehnya dengan menjalankan jaringan.

Kelebihan Bitcoin Adalah

#1 Alat Tukar yang Mudah
Arti mudah disini bukan berarti mudah dibuat atau diperoleh, namun mudah ditransaksikan.
Artinya, Anda dapat dengan mudah membelanjakan bitcoin.
Mengapa demikian? Karena bitcoin sangat populer di kalangan pengguna internet dan diterima sebagai mata uang digital.

#2 Bersifat Anonim
Walaupun seluruh transaksinya terekam dalam blockchain, nama pembeli dan penjual bitcoin tidak pernah bisa diketahui oleh siapa pun. Yang bisa diketahui hanyalah wallet ID nya saja.

#3 Sulit Dilacak
Karena sifat transaksinya yang rahasia dan anonim, kini bitcoin adalah salah satu alat tukar yang sulit dilacak sirkulasinya.
Oleh karena itulah, banyak yang memanfaatkan alat tukar yang satu ini untuk jual beli ilegal.

#4 Jumlahnya Terbatas
Seperti telah dikemukakan sebelumnya, setelah mencapai 21 juta bitcoin, maka tidak akan ada lagi bitcoin yang akan di generated. Dengan supply yang terbatas, maka jelas bahwa akan muncul kelangkaan dalam alat tukar digital ini.
Dengan adanya kelangkaan, maka harga bitcoin diramalkan akan terus naik, mengingat banyaknya demand (permintaan) dengan supply (penawaran) yang terbatas.
Bitcoin Bitcoin Reviewed by mrkiikii Official on 22.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.