Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Dual Boot

Tahukah Anda apa manfaat dari dual booting? Dual booting jika disederhanakan artinya dalam satu komputer Anda bisa menggunakan dua platform sistem operasi. Ini bisa jadi proses pembiasaan untuk Anda artinya karena windows 7 masih sangat baru dan asing bagi Anda maka pertimbangkanlah untuk tetap menggunakan windows XP sambil Anda belajar windows 7. Artinya tidak ada salahnya belajar cara membuat dual booting sistem operasi antara windows 7 dengan windows XP misalnya. 
Ini adalah keputusan lain yang harus Anda lakukan sebelum Anda menginstal Windows 7, apakah Anda ingin dual boot atau tidak. Dalam penjelasan saya ini, kita menginstal Windows 7 ke PC yang sama yang berisi versi Windows yang lebih tua, tetapi kita ingin keduanya berdampingan. Dengan begitu, setiap kali Anda menghidupkan PC, Anda akan ditanyakan sistem operasi mana yang ingin Anda jalankan.
Dual booting sangat berguna ketika Anda memiliki beberapa program atau gadget hardware yang bekerja dengan satu sistem operasi tetapi tidak untuk sistem operasi yang lain. Misalnya, jika Anda memiliki scanner dengan perangkat lunak yang berjalan pada Windows XP, tetapi tidak pada Windows 7, Anda bisa memulai di XP hanya bila Anda ingin menggunakan scan. 
Ini juga bisa Anda lakukan jika windows 7 masih sangat asing bagi Anda sementara saat ini Anda lebih familiar dengan windows Vista misalnya maka Anda harus membuat dual boot. Ini Anda lakukan sampai Anda benar-benar siap melepaskan versi windows terdahulu dan sepenuhnya menggunakan windows 7. 
Selain alasan hardware, mungkin ada program aplikasi Anda yang kompatibel dengan windows yang terdahulu namun tidak kompatibel dengan windows 7. Sewajarnya bahwa Windows XP diinstall lebih dahulu kemudian menyusul Windows 7. Tetapi jika Anda berniat untuk membuat dual boot, ingatlah ini bahwa Anda tidak dapat menginstal kedua sistem operasi tersebut pada partisi hard drive yang sama. Jika ini Anda lakukan, program-program akan menjadi kacau balau. Sebaliknya, dua versi Windows ini Anda install terpisah. Solusinya ada dua;

  • Beli harddisk kedua yang akan digunakan untuk menginstall salah satu dari dua sistem operasi.
  • Back up data dalam hard drive anda, hapus sama sekali drive dan kemudian buat dua partisi baru untuk menginstall masing-masing sistem operasi. Jika Anda kurang mampu secara teknis untuk membuat partisi ini, Anda mungkin lebih memilih untuk membeli program seperti Partition-Magic. Tidak hanya memungkinkan Anda membuat partisi baru pada hard drive Anda tanpa menghapus dulu, tapi juga fleksibel dan mudah.

Kelebihan dual boot:
Anda dapat mengevaluasi sistem operasi Ubuntu sembari tetap memiliki akses ke sistem Windows.
Anda tetap dapat melakukan menjalankan Windows jika membutuhkan aplikasi-aplikasi tertentu yang hanya dapat berjalan pada Windows Anda dapat berpindah-pindah sistem dengan cepat (hanya dalam hitungan menit)

Kekurangan dual boot:
Keberadaan dua sistem operasi sekaligus akan memakan banyak ruang harddisk (Namun hal ini sebenarnya bersifat subyektif. Untuk hardisk dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar lebih dari 80 GB barangkali tidak menjadi persoalan) Proses upgrading Windows (misalnya dari Windows XP ke Vista) dapat membuat konfigurasi dual boot menjadi berantakan. Pertimbangkan dengan baik apakah anda akan mengupgrade sistem Windows anda. Jika ya, sebaiknya lakukan hal tersebut terlebih dahulu sebelum memulai opsi dual boot. Waktu yang diperlukan untuk melakukan startup menjadi sedikit lebih lama, menjalankan dual boot lebih rumit dibandingkan menjalankan single boot
Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Dual Boot Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Dual Boot Reviewed by mrkiikii Official on 20.50 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.